Dunia Teknologi

Inilah Kereta Api Tercepat di Tokyo

Kereta Super-Cepat ini Berjalan di Jalur Magnetik
Kereta Super-Cepat ini Berjalan di Jalur Magnetik

Tokyo -(Berita Suaramedia)  Kereta api supercepat di Jepang, JR Central Railway Company baru-baru ini berencana agar kereta mereka berjalan pada jalur magnetik.

Seperti dikutip dari Mashable, dengan kecepatan yang mencapai 310 mph, prototip kereta api Series Lo ini berjalan pada jalur magnetik horizontal.
Kereta api komuter itu dilaporkan akan membawa hingga seribu penumpang tiap kali bepergian.

Series Lo ini diperkirakan akan mulai beroperasi pada 2027. Pada 2045, perusahaannya juga berencana meluaskan rutenya hingga Osaka.

Sebagai tambahan, pihak Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism di Jepang, kini berencana mengatur rute Series Lo melewati Gunung Fuji.


Inilah  Planet Hancur Ditelan Matahari


WASHINGTON - (Berita SuaraMedia) Seperti yang kita ketahui, Sebuah bintang yang membengkak dan mendekati ujung hidupnya tertangkap melalui observasi teleskop sedang menelan salah satu planet yang mengorbit padanya.

Peristiwa ini ditemukan ketika astronom sedang mempelajari sebuah bintang kuno yang berubah menjadi "raksasa merah".

Dilansir dari Space, Rabu (7/11/2012), bintang tersebut bernama BD+48 740 dan memiliki usia lebih tua dibandingkan Matahari kita. Radiusnya pun 11 kali lipakt lebih besar ketimbang Matahari kita.

Video tersebut menampilkan sebuah bintang yang membengkak menjadi raksasa merah. Selanjutnya bintang tersebut menyerap inti planet.
Kunci utama yang menjadi bukti kejadian tersebut adalah kandungan litihium di dalamnya. Lithium merupakan unsur paling langka di jagad raya.

"Dalam kasus BD-48 740, produksi lithium kemungkinan dipicu oleh massa seukuran sebuah planet yang berputar di jalur spiral dan memanas sementara planet tersebut ditelannya," ujar anggota tim penelitian planet tersebut Alex Wolszczan dari Pennsylvania State University.

Selain itu, di sekeliling BD+48 740 juga ditemukan orbit planet raksasa yang aneh. Planet raksasa ini memiliki ukuran 1,6 kali lebih besar dari Jupiter dan mengelilingi orbit yang sangat elips.



Apple Ingin Lepas Ketergantungan Terhadap Samsung

Perushan Raksasa Serba elektronik di  Korea Selatan, Samsung, tampaknya tak akan mau melakukan proses negosiai menyelesaikan masalahnya dengan Apple seperti yang dilakukan HTC.
Perushan Raksasa Serba elektronik di Korea Selatan, Samsung, tampaknya tak akan mau melakukan proses negosiai menyelesaikan masalahnya dengan Apple seperti yang dilakukan HTC.

California -(Berita SuaraMedia) - Ditengah perseteruannya dengan Samsung, tampaknya Apple ingin mengurangi ketergantungannya terhadap komponen buatan Samsung. Namun, seorang analis mengatakan bahwa untuk melepas ketergantungan itu, Apple membutuhkan waktu 12-18 bulan.

Semakin memanasnya hubungan Apple dan Samsung telah memaksa raksasa dari Cupertino, California, AS itu berusaha untuk mencari pengganti manufaktur yang mampu memenuhi syarat dari segi kualitas dan jumlah.


Namun keinginan Apple untuk tidak lagi menggunakan Samsung sebagai pemasok komponen utamanya bukan persoalan mudah, karena prosesor manufaktur dan produksi amat rumit dan memakan waktu lama
.
Dilansir BGR, analis teknologi dari firma RBC Capital, Amit Daryanani, memprediksikan bahwa Apple butuh waktu sekitar 12 hingga 18 bulan untuk mendapatkan manufaktur pengganti Samsung, karena prosesor manufaktur dan produksi amat rumit dan memakan waktu lama

Menurut kabar yang beredar selama ini, sudah ada dua kandidat vendor yang kemungkinan dapat menggantikan Samsung, yakni Intel dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Kedua perusahaan ini sebelumnya memang telah menyatakan minatnya atas potensi kemitraan dengan Apple. (BGR,/ini).

Google StreetView Segera Hadir di Indonesia

 
Jakarta - (Berita SuaraMedia) -  Hari ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia mengumumkan kerjasamanya dengan Google untuk program Google Maps.
Seperti dikutip dari TechInAsia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia sudah meresmikan kerjasama dengan Google untuk layanan Street View untuk Google Maps, meski belum ada pernyataan resmi jalur mana saja yang bakal dilalui mobil tersebut.
"Kami percaya bahwa teknologi perpetaan tersebut bakal membawa banyak manfaat; turis bisa mengecek hotel dan membuat rencana perjalanan yang tepat dan pas," ujar Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.
Sementara Andrew McGlinchey, Product Manager of Google, mengatakan bahwa tampilan gambar Google Streetview bakal hadir dalam waktu beberapa bulan ke depan.
McGlinchey juga mengatakan bahwa Google nantinya juga akan meminta bantuan dari masyarakat Indonesia tentunya.
Pengumuman tersebut dilakukan di acara Indonesian Creative Products Week yang berlangsung di Jakarta, 21-25 November 2012.

 

Zoe, Mobil Cantik Besutan Perusahaan Kosmetik

 

JENEWA (Berita SuaraMedia) - Mungkin ini sebuah kolaborasi yang cukup aneh yang pernah kami dengar selama ini. Renault telah mengumumkan kerjasamanya dengan LOreal, sebuah perusahaan terkenal dalam bidang kosmetik untuk membuat mobil listrik mereka yang diberi nama ZOE Z.E atau disebut juga Electric Vehicle "spa" concept.
Tetapi jangan lihat keanehan dari kolaborasi tersebut karena menurut kami mobil Renault ZOE Z.E. ini cukup menjanjikan.
Kerjasamama ini rencananya akan membuat mobil listrik mereka yang diberi nama ZOE Z.E atau disebut juga Electric Vehicle "spa" concept.
Tenaga ZOE Z.E adalah menggunakan tenaga listrik dan juga memiliki desain yang cukup unik.
Sementara Di bagian atap mobil ini dilapisi dengan membaran (membrane) yang dapat melindungi bagian dalam mobil terhadap panas dan dingin serta ditambah sebuah panel surya berbentuk "honeycomb" untuk sebagai salah satu alternatif untuk isi ulang baterai mobil tersebut.
Sistem sirkulasi udara pada mobil tersebut, membuat kondisi ruangan di dalam mobil menjadi sangat bersih dan sehat.

Baterai mobil tersebut dapat diisi ulang penuh dengan outlet listrik di rumah selama kurang lebih 4-8 jam.
Mobilnya juga bisa 'fast charge yang hanya butuh waktu 20 menit tapi membutuhkan outlet khusus.
Hal paling menarik pada ZOE Z.E adalah pada saat penggantian ganti baterai manual hanya dengan butuh waktu tiga menit. Cara begini sangat berguna khususnya saat pengguna mobil tersebut tidak memiliki waktu untuk isi ulang baterai karena cukup membawa baterai cadangan saja.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jaringan LAN

Cara memperbaiki partisi hardisk yang tidak terdeteksi di explorer Windows 7

Penggunaan Bakteri untuk Menyimpan Data