Pembahasan Mengenai Internet
Internet (interconnected network) adalah
jaringan komputer di seluruh dunia, yang berisikan informasi dan juga merupakan
sarana komunikasi data (suara, gambar, video, dan teks). Informasi ini dibuat
oleh penyelenggara, pemilik jaringan komputer tersebut, atau dibuat oleh
pemilik informasi yang menitipkan informasinya kepada pemilik jaringan komputer
yang tersambungkan ke network.
1.1 Sejarah Internet
Sejarah intenet
dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced
Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang
bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan
organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih
dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa
saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson
berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk
ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.
Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang
menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai
dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London
merupakan komputer pertama di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan
ARPANET. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan
Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal
bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di
Universitas Sussex.
Hari bersejarah
berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.
Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET
membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan
Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun
1981, France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi
pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video
link. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun
1982, dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol
atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa, muncul jaringan komputer
tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di
negara-negara Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan
jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk
menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain
Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi
1000 komputer. Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak
10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland
menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun
kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali
lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah
jaringan.
Tahun 1990
adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program
editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer
yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www,
atau World Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan
sudah melampaui sejuta komputer dan di tahun yang sama muncul istilah surfing
the internet. Tahun 1994, web internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat
halaman dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di
internet. Di tahun yang sama, Yahoo! dan Netscape Navigator 1.0.
1.2 Aplikasi Internet
Internet sebenarnya mengacu kepada
istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu.
Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi
yang sesuai. Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk
berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan diatas sebuah protokol tertentu.
Istilah “protokol” di internet mengacu pada satu set aturan yang mengatur
bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan. Sedangkan
software aplikasi yang berjalan diatas sebuah protokol disebut sebagai aplikasi
client.
1.2.1 Pengertian Web
WWW (World Wide Web) atau yang sering
disebut sebagai “web” saja adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk
teks, gambar, suara, dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet
webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi di web
dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup
Language) sedangkan informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam
format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek
multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave,Quicktime Movie, 3D World).
1.2.2 Unsur-Unsur Web
Dalam membangun web diperlukan beberapa
unsur yang harus ada agar web dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang
diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalam web antara lain:
Domain Name
Atau biasa
disebut nama domain adalah alamat permanen web di dunia internet yang digunakan
untuk mengidentifikasi sebuah web. Istilah yang umum digunakan adalah URL.
Contoh sebuah URL adalah http://www.octa_haris.tripod.com
(dapat juga tanpa www).
Berikut beberapa nama domain yang
sering digunakan dan tersedia di internet:
- Generic Domains(gTLDs)
Merupakan domain name yang berakhiran
.com, .net, .org, .edu, .mil, atau .gov. Jenis domain ini sering juga disebut
toplevel domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga
siapapun dapat mendaftar.
- Country-Specific Domains (ccTLDs)
Yaitu domain yang berkaitan dengan dua
huruf ekstensi dan sering juga disebut second level domain, seperti
.id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang), dan lain lain. Domain ini
dioperasikan dan didaftarkan dimasing-masing negara. Di Indonesia,
domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada
akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, .mil.id, dan web.id.
Hosting
Hosting dapat
diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan
berbagai data, file-file, gambar, dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di
web. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang
disewa/ dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat
dimasukkan dan ditampilkan dalam web
Scripts/ Bahasa Program
Adalah bahasa
yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah yang diakses dalam web.
Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis, atau interaktifnya sebuah web.
Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat web semakin
dinamis dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya web dapat terlihat dengan
tanggapan pengunjung serta frekuensi kunjungan. Jenis-jenis scripts yang banyak
dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java
applets, dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap web adalah HTML sedangkan ASP
dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis
dan interaktifnya web.
Design Web
Setelah
melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur web yang
paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan kualitas
dan keindahan web. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan
bagus tidaknya sebuah web site.
Publikasi
Keberadaan web
tidak ada gunanya jika tidak dikunjungi atau dikenal oleh pengunjung internet
karena efektif tidaknya web sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan
komentar yang masuk. Untuk mengenalkan web kepada masyarakat memerlukan apa
yang disebut publikasi atau promosi. Publikasi web di masyarakat dapat
dilakukan dengan berbagai cara seperti pamflet, selebaran, baliho, dan lain
sebagainya, tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang efektif dan sangat
terbatas. Cara paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah
publikasi langsung di internet melalui search engine (mesin pencari, seperti:
Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb).
1.2.3 Pemeliharaan Web
Untuk mendukung
kelanjutan dari web, diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang
diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar, atau
lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik web akan terkesan membosankan
atau monoton dan juga akan segera ditinggalkan oleh pengunjung. Pemeliharaan
rutin biasanya dipakai oleh web-web berita, penyedia artikel, organisasi, atau
lembaga pemerintah sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk web-web
pribadi, penjualan/ e-commerce, dan lain sebagainya.
1.3 Manfaat Teknologi Internet dan Web
Teknologi
Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak
langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya
Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain :
a. Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan
Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya
menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi
informasi dalam lingkungan kerja.
b. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi
dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia
bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara
elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan
menggunakan jaringan komunikasi internet.
c. Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia
perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi
perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking.
d. Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Pendidikan Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan
seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah
Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi
audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat
komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang
atau lebih.
e. Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis
kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat
penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para
jurumedis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.
2.5 Dampak Perkembangan Teknologi Internet dan Web
1. Dampa Positif
a. Internet sebagai media komunikasi
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
b. Media pertukaran data dengan
menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs
web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi
dengan cepat dan murah.
c. Media untuk mencari informasi atau
data perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber
informasi yang penting dan akurat.
d. Kemudahan memperoleh informasi yang
ada di internet sehingga kita tahu apa saja yang terjadi.
e. Bisa digunakan sebagai lahan
informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
f. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlupergi menuju ke tempat
penawaran/penjualan.
2. DampakNegatif
a) Pornografi anggapan yang mengatakan
bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
b) Penipuan hal ini memang merajalela
di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.
c) Bisa membuat
seseorang kecanduan terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan
uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung
pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun
semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang
teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya
Komentar
Posting Komentar